PROFIL DAN SEJARAH BUS SANTOSO, BUS MALAM KEBANGGAAN WONG MAGELANG :D

awansan.com – Dear pembaca semua, setelah kemarin kita membahas Po OBL Temangggung, sekarang kita berpindah ke Kota sebelahnya yaitu Kota Magelang, karena sebenarnya di kota ini juga terdapat banyak Perusahaan Otobus yang cukup tua dan legendaris yang masih mampu bertahan di kerasnya persaingan zaman sekarang.
Well bagi anda yang tingggal di daerah sekitar Yogyakarta dan Magelang pasti tidak asing lagi dengan perusahaan otobus yang satu ini.

PO. Santoso pada awalnya dirintis tahun 1970an oleh suami-istri yang berprofesi sebagai dokter, yakni dr.Anwar Sani di Magelang, Po ini merupakan
berbekal armada Mitsubishi Fuso T653 dan Mercedes Benz LP 911, trayek awal Po Santoso adalah Jogja-Magelang-Semarang, Semarang- Magelang- Purwokerto, menyusul kemudian Semarang-Magelang-Cilacap.
Pada zaman dahulu pool PO Santoso berada di Jl Ahmad Yani Magelang (Poncol),
Pada zaman dahulu pool PO Santoso berada di Jl Ahmad Yani Magelang (Poncol),
Seiring dengan berkembangnya Po Santoso maka awal tahun 80an pemilik membangun garasi yang lebih besar di Kupatan, garasi ini untuk menampung jumlah armada yang semakin bertambah, pada periode ini armada andalan Po santoso adalah MB OF 1113 dan Hino AK, well kebetulan awb sempat menikmati armada ini karena masih dipakai hingga tahun 2000an, saaat itu awb ingat ciri khas bus ekonomi santoso adalah terdapat kipas angin kecil di atas tiap kursi
.

Pada akhir tahun 80an PO santoso ini mulai membuka jalur bus malam jurusan Jakarta, Jalur yang diambil adalah Jurusan Wonosari/Klaten – Magelang – Jakarta – Merak .. PO Santoso cukup cerdik melihat peluang, mengingat banyak orang daerah Wonosari/klaten yang merantau ke Jakarta/luar Jawa, tentunya ini jadi pangsa pasar yang sangat lezaat.. divisi bus malam ini terus bertahan hingga sekarang, bahkan terus berkembang, tiap bus santoso mempunyai seri tersendiri, bisa dilihat dibawah ini..

- BOGOR
Seri H (Executive Toilet)
Seri I (PATAS AC Non Toilet)
Seri J (Ekonomi)
Seri X (Bisnis RS) - CILEDUG
Seri E
Seri B (Bisnis RS) - TANGERANG
Seri A (Bisnis RS)
Seri L (Bisnis RS)
Seri N (PATAS AC)
Seri T (Bisnis RS)
Seri O ( Excecutive Toilet ) - LEBAK BULUS
Seri C (Bisnis RS)
Seri D (Bisnis RS)
Seri F
Seri M (Bisnis RS) - KEMAYORAN – PULOGADUNG
Seri W ( Executive Toilet ) - PINANG RANTI
Seri R (Bisnis RS) - KP. RAMBUTAN
Seri Z - CILEUNGSI – CIBINONG
Seri S - MERAK
Seri V1
Seri V2

Urusan Chasis Bus, Santoso memiliki selera tersendiri, Untuk divisi bus malam Bus santoso banyak mengandkan Chasis Mercedes Benz OH dan Hino AK, rata rata adalah MB OH 1518 king, sedangkan untuk divisi bumel yang jalan siang Po Santoso banyak menggunakan Hino AK dan bus eks divisi Malam.
Sebagian besar bus Santoso menggunakan Karoseri Tri Sakti model Marcopolo, sangat khas lampu depan mercy tiger :D, sedangkan lampu rem belakang model tumpuk, kesannya sederhana dan tidak neko neko , salah satu body terbaru PO Santoso adalah model Joybus Trisakti bermesin Oh 1521 Intercooler.
Santoso juga mempunyai divisi paket menggunakan yang menggunakan berbagai macam chasis bus dan truk :D, Semua armada tersebut sekarang mempunyai pool di Jl Sukarno Hatta Magelang.

Meskipun sekarang masih mampu bertahan nampaknya PO Santoso memang perlu peremajaan besar besaran untuk armadanya, mengingat banyak armada yang emang sudah termakan umur, awb sendiri sering melihat armada PO santoso yang lewat nampak sudah cukup tua, beberapa kali juga mendapati armada PO Ini sedang trouble di daerah tanjakan Rujak Asem bejen.. well demikian sekelumit cerita awb ttg Po Santoso, masukan dan revisi dari pembaca are welcome
.

source: busnesia,google,ciptonesia,bismania
Advertisements
Tidak ada komentar:
Posting Komentar